Home » » Siak akan Bagikan 2.050 Sertifikat Tanah Murah

Siak akan Bagikan 2.050 Sertifikat Tanah Murah

SIAK (Rakyat Riau) - Salah satu program Bupati Siak Arwin AS berupa program pengentasan kemiskinan masyarakat, dalam waktu dekat ini akan diwujudkan melalui penyerahan aset tanah modal di kawasan Balai Kayang Siak Sri Indrapura. Sekitar 2.052 sertifikat akan di serahkan kepada masyarakat yang telah melunasi kewajibannya.

Untuk itu Sekretaris Daerah (Sekda) Siak Adli Malik menggelar rapat persiapan penyerahan sertifikat tanah masyarakat Balai Kayang, Kamis (14/4) kemarin di ruang rapat Sekretariat Daerah. Dalam rapat persiapan tersebut Sekda berharap proses penyerahan sertifikat ini nantinya dapat berjalan lancar dan panitia penyerahan mampu mengantisipasi segala potensi permasalahan yang bisa jadi terjadi dalam proses penyerahan total 2052 sertifikat nanti.

"Sesuai dengan program Pemkab di tahun 2004 lalu maka dalam waktu dekat ini sertifikat tanah tersebut akan diserahkan langsung pada pemilik tanah di kawasan Balai Kayang I dan II yang telah melunasi kewajiban harga tanah dan biaya sertifikasinya," terang Adli Malik.

Selain itu dalam catatan sebanyak 927 pemilik tanah belum melunasi kewajibannya. penyerahan sertifikat ini direncanakan akan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Siak pada 20 kelompok pemilik tanah dengan total sertifikat sebanyak 2052 persil sertifikat tanah.

Sementara itu Kepala BPN Siak Anzirman mengatakan saat ini pihaknya tengah memaksimalkan perampungan sertifikasi tanah yang akan dibagikan dalam waktu dekat ini.Menurutnya 90 % sertifikat telah selesai dan sisanya diperkirakan akan selesai menjelang jadwal penyerahansertifikat tanggal 25 April 2011 yang akan datang.

"Dari 2052 sertifikat yang ditargetkan, sebanyak 1844 sertifikat telah selesai dikerjakan dan sisanya sebanyak 208 sertifikat diperkirakan selesai sebelum hari H penyerahan sertifikat," terang Anzirman.

Sementara pedoman penerbitan sertifikat tanah didasarkan pada peta prakapling yang dikeluarkan Dinas Kehutanan dan dikukuhkan oleh Bupati Siak dan tidak akan ada perubahan baik data kepemilikan maupun data luas dan lokasi tanah dari pedoman tersebut termasuk model jalan dan pola kapling.

Pesan Bupati Siak dari balik jeruji beri disampaikan Kabag Humas Suntoro bahwa Bupati mengajak warga mensyukuri pembagian tanah balai kayang berjalan dengan lancar nantinya. Menurutnya program-program unggulan Pemkab Siak seperti pembagian Kebun Sawit bagi masyarakat kurang manpu maupun penyerahan sertifikat tanah sebagai asset modal di kawasan Balai Kayang I dan II merupakan wujud komitmen Pemerintah untuk senantiasa melakukan terobosan-terobosan dalam peningkatankesejahteraan masyarakat Kabupaten Siak.

“Bapak Bupati menyampaikan ajakan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak untuk bersama-sama mensyukuri keberhasilan program pengentasan kemiskinan yang telah dirintis sejak tahun 2004 ini. Bupati juga mengingatkan tujuan awal dari program tanah murah di kawasan Balai Kayang ini antara lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Siak," terang Suntoro menyampaikan pesan Bupati Siak.(rls)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Riau Data | Membangun Negri Untuk Semua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template